Bermain Game dan Pembelajaran pada Anak


Mungkin banyak orang yang berpikir bermain game akan menggangu konsentrasi belajar pada Anak, padahal bermain Game juga dapat membantu anak untuk belajar lho !!


Belajar dengan Bermain Game
Sebuah konsep yang telah banyak dipakai oleh pra-sekolah dan taman kanak-kanak. Murid - murid akan belajar memecahkan masalah melalui jenis situasi sebab dan akibat, alih-alih dengan gaya tradisional seperti mengingat dan menghafal.

Belajar dengan bermain Game akan membantu menambah daya ingat si anak dalam belajar. Karena dengan bermain akan dapat menumbuhkan kreativitas. Bermain juga bisa sebagai media untuk mengeksplorasi keinginan dan cita-cita yang diidam – idamkan si anak. Bermain dapat digunakan sebagai wahana untuk mentransfer ilmu pengetahuan. Bermain dapat menimbulkan semangat dan motivasi. Dalam pembelajaran adalah anak – anak dengan berbagai karakter dan keinginan anak – anak yang selalu ingin bermain. Minat anak terhadap segala bentuk permainan sangat tinggi.

Saat ini pun telah banyak Game  yang bisa menjadi Media Pembelajaran untuk Anak, ada Game untuk membantu si Anak dalam belajar B.inggris, mengenal huruf, mengenal nama - nama Buah dan Hewan, dan masih banyak lagi. Tetapi sebaiknya dalam bermain Game tentunya lebih baik jika si Anak ditemani oleh Orang Tua, agar si Anak dapat dikontrol.

Bermain game meningkatkan Aktivitas Visual

Kita cenderung mengasosiasikan gamer dengan buruknya kemampuan melihat. Prototipe gamer yang kita miliki adalah anak lelaki kurus yang berkacamata dan duduk membungkuk di depan layar komputer.

Namun, peneliti di University of Rochester (2006) menemukan bahwa gamer memiliki performa 20% lebih baik dari non-gamer dalam mengerjakan tugas visual. (Pos Terkait: [Kehilangan Fokus? Game Dapat Membantumu]).

Mengidentifikasi target tertentu di tengah-tengah gangguan visual lainnya, melacak lebih dari satu obyek dalam waktu yang bersamaan dan memproses rangsangan visual dengan cepat adalah kemampuan yang terlatih dengan amat baik saat seseorang terlarut dalam sebuah game.


0 Responses

Posting Komentar

Berkomentarlah di blog ini dengan cerdas, komentar yang mengarah ke tindakan spam akan
di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter


abcs