PENGUMUMAN UN SD 2013: Paling Lambat 8 Juni

PENGUMUMAN UN SD 2013: Paling Lambat 8 JuniKABAR24.COM, JAKARTA—Pengumuman UN SD 2013 paling lambat 8 Juni. Begitu kicauan akun Twitter resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, @Kemdikbud_RI.
“Pengumuman kelulusan UN SD/sederajat dari satuan pendidikan paling lambat tanggal 8 Juni 2013,” tulis @Kemdikbud_RI tentang pengumuman Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun ajaran 2013.
Pengumuman UN SD 2013 tahun ini akan menjadi yang terakhir kalinya karena mulai tahun depan UN SD ditiadakan menyusul berlakunya Kurikulum 2013 yang baru.

Terkait dengan akan dilaksanakannya Kurikulum Baru pada 2013, pemerintah melakukan perombakan yang cukup besar terhadap Standar Nasional Pendidikan di antaranya dengan meniadakan UN SD dan sederajat (MI/SDLB).


Kurikulum Baru juga berbasis kompetensi secara bertahap hingga 7 (tujuh) tahun  mendatang.
Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang telah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 7 Mei 2013 lalu.

Dalam PP ini dijelaskan, lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan.

“Standar Nasional Pendidikan digunakan sebagai acuan Pengembangan kurikulum untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional,” bunyi Pasal 2 Ayat (1a) PP tersebut.

Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan Pengembangan Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian Pendidikan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan.

“Standar Isi dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan ditetapkan dengan Peraturan Menteri,” bunyi Pasal 5 Ayat (4). Pada PP terdahulu tidak ada kata-kata BSNP. (Kabar24/ea),


Sumber: http://www.kabar24.com/index.php/pengumuman-un-sd-2013-paling-lambat-8-juni/
0 Responses

Posting Komentar

Berkomentarlah di blog ini dengan cerdas, komentar yang mengarah ke tindakan spam akan
di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter


abcs